NIM : 2016240065
Jurusan Sistem Informasi
Pertemuan 1
Konsep Teknologi Informasi dan Komunikasi
1. Teknologi Informasi
Definisi Informasi
Informasi adalah sejumlah data yang sudah diolah menjadi bentuk lain yang sesuai kebutuhan.
Definisi Teknologi Informasi
Seperangkat alat yang berhubungan dengan pemrosesan data sehingga menjadi informasi yang berkualitas dan dapat digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, pemerintahan, dll.
2. Teknologi Komunikasi
Definisi Komukasi
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan (ide, gagasan, materi pelajaran) dari suatu pihak ke pihak yang lain.
Definisi Teknologi Komunikasi
Seperangkat alat yang membantu manusia dalam rangka mengkomunikasi/menyampaikan sesuatu.
3. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah dua konsep yang tidak terpisahkan yang mencangkup seluruh peralatan teknis untuk memproses, memanipulasi, pengelolaan, pemindahan dan menyampaikan data atau informasi antar media.
Dampak negati dan positif perkembangan TIK
1. Meningkatkan Efektifitas dan Efisiensi Pekerjaan
2. Mempermudah akses terhadap Informasi terbaru
3. Memperluas Jaringan (pertemanan atau bisnis)
4. Media Hiburan
5. Media Sosial
6. Banjir Informasi
7. Individualisme
8. Malas
9. Peningkatan budaya komsumtif terhadap perangkat TIK
10. Perubahan Gaya Hidup
11. Peningkatan Kriminalitas dan Pelanggaran Lainnya
12. Perubahan etika, etiket, dan estetika dan budaya
13. Cyber Bullying
14. Membuang-buang waktu untuk hal yang tidak berguna, seperti bermain game
Manfaat Penggunaan TIK Diberbagai Bidang
1. Pendidikan
- Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan
- Inovasi dalam dunia pembelajaran semakin berkembang dengan adanya e-learning
- Kemungkinan berkembangnya kelas virtual yang tidak mengharuskan peserta berada dalam ruangan
- Sistem administrasi semakin mudah dan lancar seperti pendaftaran online
2. Ekonomi
- Membuka lapangan kerja. Contohnya web developer
- Mempermudah transaksi-transaksi bisnis suatu perusahaan atau perorangan.
- Mempermudahkan kegiatan promosi dan pemasaran produk
3. Pemerintah
- Memudahkan masyarakat dalam mengakses kebijakan pemerintah. Contohnya e-goverment
- Memudahkan pemerintah dalam pengelolaan dan lebih efisien, dan bisa meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor industri dan usaha
- Masyarakat dapat memberi masukan mengenai kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah.
4. Sosial
- Mempermudah dan mempercepat komunikasi
- Menambah wawasan masyarakat
5. Industri atau Manufaktur
- Mempermudah dan mempercepat proses perencanaan sebuah produk baru melalui program desain
- Mengurangi resiko kecelakaan kerja yang dapat dialami oleh manusia
- Lebih efisien dalam proses produksi, perancangan produksi, dan simulasi yang dikerjakan oleh robot
- Mendata pasien yang masuk dan keluar Rumah Sakit
- Pemantauan kondisi pasien menggunakan monitor
- Lebih akurat dalam memeriksa dan mendiagnosa penyakit pasien
- Melakukan ronsen tubuh, tes DNA, dan uji laboratorium
Kesimpulannya dalam dunia modern saat ini, dalam semua bidang kita menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Pertemuan 2
Perangkat Keras/Hardware
Komputer adalah sebuah perangkat elektronik, beroperasi dibawah kontrol dari instruksi – instruksi yang tersimpan dalam memorinya memori.
Perangkat Keras/Hardware
1. Perangkat Input
Input berfungsi sebagai media masukan dari luar ke dalam sistem komputer. Perangkat Device dalam input adalah Keyboard, Mouse, Joystick, Track Ball, Light Pen, OCR Scanner, Kamera, Video Player, Voice Recognition, Touch Screen, Digitizer, Image Scanner, Bar Code Reader.
2. Perangkat Output
Output adalah keluaran dari hasil pemroresan input yang berupa tampilan. . Perangkat Device dalam output adalah Speaker, Printer, Monitor, Projektor.
3. Perangkat Pemroses
Pemroses berfungsi untuk mengolah data dari input (masukan) kemudian mengeluarkannya (output) berupa informasi. Perangkat Device dalam Proses adalah Processor, RAM (Random Acces Memory), Motherboard, VGA (Video Graphic Array).
4. Perangkat Penyimpan
Media penyimpanan berfungsi untuk menyimpan data –data dari komputer.
1. Primary Memory
Adalah penyimpanan intruksi sementara ata program yang sedang berjalan. Contohnya RAM.
Karakteristik Primary Memory
- Volatile ( informasi akan tetap tersimpan saat ketika ada daya, ketika PC dimatikan, informasi akan hilang)
- Kecepatannya sangat tinggi
- Random atau acak
2. Secondary Memory
Adalah penyimpanan permanen.
Karakteristik Secondary Memory
- Non volatile
- Kecepatannya relatif lebih rendah dibandingkan Primary Memory
Penggolongan Secondary Memory
- Magnetic Disket (contohnya Hard disk)
- Floopy Disk (contohnya Disket)
- Electronic Disk (contohnya Flashdisk)
- Optical Disk (contohnya CD/DVD)
- Tape Disk
Komponen-komponen Komputer
Sebuah komputer berisi komponen-komponen listrik, elektronik, dan mekanik yang dikenal sebagai hardware.
Contoh Penggunaan Komputer
1. Home User
- Manajemen keuangan pribadi
- Akses internet
- Alat komunikasi
- Hiburan
2. Small Office/Home Office User
- Mencari informasi
- Mengirim dan menerima e-mail
- Membuat panggilan telepon
3. Mobile User
- Terhubung ke komputer lain pada jaringan atau Internet
- Transfer informasi
- Memainkan video games
- − Mendengarkan musik
- Menonton film
4. Power User
- Bekerja dengan multimedia
- Menggunakan perangkat lunak khusus industri
5. Enterprise User
- Berkomunikasi antar karyawan
- Memproses transaksi volume tinggi
- Blog
Kategori-kategori Komputer
1. Personal Computer
− Komputer pribadi dapat melakukan semua masukan, pengolahan, output, dan kegiatan penyimpanan dengan sendirinya
− Dua arsitektur populer adalah PC dan Apple
(Dekstop Computer)
2. Mobile Computers
− Mobile Computing adalah suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan aplikasi pada piranti berukuran kecil, portable, dan wireless serta mendukung komunikasi.
− Mobile Komputer dapat dikategorikan berdasarkan fungsi dan spesifikasinya.
a. Note Book
b. Tablet PC
c. PDA
d. Smart Phone
3. Game Consoles
Game consoles adalah perangkat komputasi mobile yang dirancang untuk single-player atau multiplayer video game.
4. Servers
Server mengontrol akses ke perangkat keras, perangkat lunak, dan sumber daya lain pada jaringan
5. Mainframes
Mainframe adalah komputer yang besar, mahal, dan kuat yang dapat menangani ratusan atau ribuan pengguna terhubung secara bersamaan.
6. Super Computer
Super Computer adalah komputer yang tercepat dan terkuat. Super computer tercepat mampu memproses lebih dari satu kuadriliun instruksi dalam satu detik.
7. Embedded Computers
Embedded komputer adalah komputer tujuan khusus yang berfungsi sebagai komponen dalam produk yang lebih besar.
Pertemuan ke 3
Perangkat Lunak/Software
Software, atau disebut juga program, memberi tahu komputer apa yang harus dikerjakan dan bagaimana cara mengerjakannya.
Software Sistem
Software sistem terdiri dari program yang mengontrol atau mengelola operasi komputer beserta perangkatnya. Software sistem ada dua jenis.
1. System Operasi
Sebuah sistem operasi (OS) adalah seperangkat program yang berisi instruksi yang bekerja sama untuk mengkoordinasikan semua kegiatan di antara sumber daya perangkat keras komputer
Fungsi Sistem Operasi
− Proses starting atau restarting komputer disebut booting.
− Sebuah sistem operasi mencakup berbagai Opsi mematikan komputer / shutdown.
− Sebuah antarmuka pengguna mengontrol bagaimana Anda memasukkan data dan instruksi dan bagaimana informasi ditampilkan pada layar
− Bagaimana sistem operasi menangani program yg langsung mempengaruhi produktivitas Anda
− Memory management mengoptimalkan RAM
− Virtual memory adalah sebagian dari media penyimpanan berfungsi sebagai RAM tambahan
− Sistem operasi menentukan urutan tugas mana yang akan diproses
− Sistem operasi biasanya menyediakan sarana untuk membangun koneksi Internet
− Performance monitor adalah program yang menilai dan melaporkan informasi tentang berbagai sumber daya komputer dan perangkat.
Jenis-jenis Sistem Operasi
1. Sistem operasi stand-alone adalah sistem operasi lengkap yang bekerja pada komputer desktop, komputer notebook, atau perangkat komputasi mobile. Contohnya Windows, Mac OS X, UNIX (UNIX adalah sistem operasi multitasking yang dikembangkan pada awal tahun 1970) , dan Linux (Linux adalah open-source, populer, jenis sistem operasi-UNIX multitasking).
2. Sistem Operasi Server
− Windows Server 2008 adalah upgrade dari Windows Server 2003
Bagian dari Windows Server 2008 family
Terdiri dari beberapa edisi
− Sebagian besar edisi ini mencakup Hyper-V, teknologi virtualisasi
Virtualisasi adalah praktek berbagi atau penyatuan sumber daya komputasi
3. Sistem Operasi Embedded berada pada chip ROM pada perangkat mobile atau perangkat elektronik konsumen.
2. Program Utility
Program Utility adalah jenis perangkat lunak sistem yang memungkinkan pengguna untuk melakukan tugas pemeliharaan.
− File manager adalah utilitas yang melakukan fungsi yang terkait dengan manajemen berkas
− Search utility adalah program yang mencoba untuk mencari file di komputer Anda berdasarkan kriteria yang Anda tentukan.
− Image viewer memungkinkan pengguna untuk menampilkan, menyalin, dan mencetak isi dari file grafis
− Uninstaller menghapus program, serta entri terkait dalam file sistem
− Disk cleanup utility mencari dan menghapus file yang tidak perlu
− Personal firewall mendeteksi dan melindungi komputer pribadi dari gangguan user yg tidak berhak
− Filters adalah program yang menghapus atau memblokir item tertentu agar tidak tampil
− File compression utility mengecilkan ukuran file
− Mengompresi file membebaskan ruang pada media penyimpanan
− Dua jenis kompresi
− Media player memungkinkan Anda untuk melihat gambar dan animasi, mendengarkan audio, dan menonton file video di komputer Anda
− Disc burning software menulis teks, grafik, audio, dan file video pada CD recordable atau rewritable
− Personal computer maintenance utility mengidentifikasi dan perbaikan masalah sistem operasi, mendeteksi dan perbaikan masalah harddisk, dan termasuk kemampuan meningkatkan kinerja komputer
Pertemuan ke 4
Jaringan
Pengertian dan Manfaat Jaringan
Jaringan adalah kumpulan beberapa komputer yang saling terhubung dan berkomunikasi, memungkinkan terjadinya pemakaian sumber daya yang ada secara bersama-sama.
Manfaat Jaringan
1. Memungkinkan komunikasi antarpengguna komputer
2. Dapat berbagi (sharing), baik data, software, maupun hardware
3. Dapat bekerjasama dalam melakukan suatu pekerjaan
4. Keamanan dan keseragaman data
5. Akses informasi
Berbagai Macam Jenis Jaringan
1. Jaringan Berdasarkan Jangkauannya
− PAN (Personal Area Networking)
a. Terhubungnya komputer/perangkat lain seperti HP, PDA, headset wireless, camera, dll
b. Jarak yang dapat dijangkau : 4-6 m
c. PAN dihubungkan melalui port USB atau firewire, dapat juga melalui teknologi wireless seperti bluetooth, infrared, atau wifi
− LAN Local Area Networking)
a. Jaringan komputer yang menghubungkan satu komputer ke komputer lainnya dengan cakupan area yang terbatas seperti dalam satu ruang atau gedung.
b. Jarak yang dapat dijangkau : 10 km
c. Keuntungan : biaya operasional lebih murah, transfer data lebih cepat, tidak membutuhkan operator telekomunikasi
d. Kekurangan : Cakupan wilayah sempit sehingga sulit untuk berkomunikasi keluar
− MAN (Metropolitan Area Networking)
a. Sama dengan LAN tapi jangkauan wilayahnya lebih luas
b. Jarak yang dapat ditempuh : 80 km
c. Menggunakan gelombang radio
d. Keuntungan : dapat berhubungan dengan jaringan TV Kabel, tidak membutuhkan banyak kabel jaringan
e. Kekurangan : biaya operasional mahal, membutuhkan waktu yang lama untuk perbaikan apabila terjadi kerusakan
− WAN (Wide Area Networking)
e. Suatu jaringan yang memiliki jarak jangkauan sangat luas mencakup wilayah antarkota, provinsi, negara, bahkan antar benua.
f. Dihubungkan dengan gelombang elektromagnetik dengan bantuan satelit
g. Keuntungan : pengiriman informasi lebih terjaga kerahasiaannya
h. Kekurangan : biaya operasional mahal, membutuhkan keamanan data yang tinggi
2. Jaringan Berdasarkan Fungsinya
− Client Server
a. Jaringan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server
b. Keuntungan : komputer server memiliki spesifikasi yang sangat baik sehingga komputer client tidak membutuhkan spesifikasi komputer yang terlalu tinggi (lebih hemat biaya), keamanan data terpusat, sinkronisasi file, back up data lebih mudah, pengembangan jaringan lebih mudah
c. Contoh : Detik.com dilayani oleh banyak komputer server web,
Jtk.polban.ac.id merupakan server yang melayani banyak komputer client (multiservice)
− Peer to peer
a. Jaringan komputer dimana setiap komputer dapat menjadi client dan juga menjadi server secara bersamaan.
b. Keuntungan : lebih murah, setup lebih mudah, perawatan lebih mudah dan murah, tidak membutuhkan sistem operasi berbasis server
c. Kerugian : setiap user harus mengatur sistem keamanan komputernya, tidak ada pusat yang mengatur data, terbatas untuk 10 komputer
Perbedaan Jaringan Client-Server dan Peer To Peer
Peer to Peer Client Server
Ada tidaknya server Tidak membutuhkan server Membutuhkan server
Maksimal komputer dalam jaringan 10 komputer Tergantung konfigurasi jaringan
Sistem operasi berbasis server Tidak membutuhkan Membutuhkan
Pembuatan jaringan Lebih mudah dan murah, termasuk perawatannya Mahal dan harus mendapatkan perhatian lebih dalam pembuatan dan perawatan
Topologi Jaringan
Topologi Jaringan adalah sebuah pola interkoneksi dari beberapa terminal komputer.
Topologi Jaringan dapat dibagi menjadi 6 kategori utama yaitu :
1. Topologi Jaringan BUS
Menggunakan satu kabel untuk menghubungkan komputer server dan client.
2. Topologi Jaringan STAR
Menggunakan banyak kabel, terdapat perangkat pengendali yang berfungsi sebagai pengatur dan pengendali komunikasi data.
3. Topologi Jaringan RING
Topologi ring merupakan topologi dimana setiap perangkat dihubungkan sehingga berbentuk lingkaran.
4. Topologi Jaringan TREE
Generalisasi dari topologi bus, media transmisi berupa kabel yang bercabang tanpa loop tertutup.Topologi tree selalu dimulai pada titik yang disebut headend. Satu atau beberapa kabel berasal dari headend.
5. Topologi Jaringan MESH
Gabungan dari beberapa jenis topologi yang lain(disesuaikan dengan kebutuhan). Biasanya digunakan pada jaringan yang tidak memiliki terlalu banyak node di dalamnya. Dikarenakan setiap perangkat dihubungkan dengan perangkat lainnya.
6. Topologi Jaringan LINIER
Disebut dengan topologi bus beruntut, tata letak ini termasuk tata letak umum. Satu kabel utama menghubungkan tiap titik sambungan (komputer) yang dihubungkan dengan penyambung yang disebut dengan Penyambung-T dan pada ujungnya harus diakhiri dengan sebuah penamat (terminator).
Pertemuan ke 5
Internet
Network
Sebuah jaringan adalah kumpulan komputer dan perangkat yang terhubung bersama-sama melalui perangkat komunikasi dan media transmisi.
- Local Area Network (LAN) adalah jaringan yang menghubungkan komputer dan perangkat di daerah geografis yang terbatas
- Wireless LAN (WLAN) adalah LAN yang tidak menggunakan kabel
- Metropolitan Area Network (MAN)
- Wide area Network (WAN)
Standar Jaringan Komunikasi
- Ethernet adalah standar jaringan yang menentukan tidak ada kontrol komputer saat data dikirim
- Standar token ring menetapkan bahwa komputer dan perangkat pada jaringan berbagi atau lulus sinyal khusus (token)
- TCP / IP adalah standar jaringan yang mendefinisikan bagaimana pesan diarahkan dari satu ujung jaringan ke yang lain
- Wi-Fi mengidentifikasi jaringan berdasarkan standar 802.11 yang memfasilitasi komunikasi nirkabel
- Kadang-kadang disebut sebagai wireless Ethernet
- Bluetooth mendefinisikan bagaimana dua perangkat Bluetooth menggunakan gelombang radio jarak pendek untuk mengirimkan data
- UWB (ultra-wideband) menentukan bagaimana dua perangkat UWB menggunakan gelombang radio jarak pendek untuk berkomunikasi pada kecepatan tinggi
- IrDA mengirimkan data secara nirkabel melalui gelombang cahaya inframerah (IR)
- RFID menggunakan sinyal radio untuk berkomunikasi dengan tag ditempatkan di dalam atau melekat pada suatu objek, binatang, atau orang
Web Browser
contohnya Mozilla, Google Chrome, Internet, dan Opera
Web Server
Web Server adalah perangkat lunak di server yg menerima request dr klien (berupa hal.web) melalui web browser dan mengirimkan respon berupa hal.web yg umumnya berbentuk dokumen HTML.
Contoh :
1. Apache web server
2.Internet Information server
3. Xitami web server
4. Sun Java System
Protokol
Protokol adalah aturan/standar yang mengijinkan terjadinya hubungan komunikasi dan perpindahan antara 2 atau lebih titik komputer.Fungsi protokol penghubung dalam komunikasi shg pertukaran data berjalan. Jenis Protokol adalah IP, ICMP,UDP, TCP, IGMP, PUP, RDP, GGP, http.
URL, HOSTING, DOMAIN
- URL (Uniform Resource Locator) adalah Rangkaian karakter dengan format tertentu yg mewakili lokasi/alamat dari suatu dokumen di web (pathnama utk identifikasi lokasi suatu dokumen di web). Cara penulisan diawali dgn protokol yg digunakan. Cth. http://www.facebook.com
- Domain adalah Nama unik yg dapat mempermudah para user untuk mengakses informasi pada server komputer yg ada di jaringan internet
- Hosting adalah Tempat/Ruang/Lahan untuk menyimpan seluruh file yang berkaitan dengan web yang akan kita publish.
Pertemuan ke 6
Layanan Internet
Internet dan Jaringan
Sebuah jaringan adalah kumpulan komputer dan perangkat yang terhubung bersama-sama, sering secara nirkabel, melalui perangkat komunikasi dan media transmisi sedangkan Internet adalah kumpulan jaringan seluruh dunia yang menghubungkan jutaan bisnis, instansi pemerintah, lembaga pendidikan, dan individu.
World Wide Web
− World Wide Web, atau Web, terdiri dari kumpulan dokumen elektronik seluruh dunia (halaman Web)
− Web site adalah kumpulan halaman web terkait dan asosiasi item
− Web server adalah komputer yang memberikan halaman web yang diminta ke komputer Anda
− Web 2.0 mengacu pada Situs web yang menyediakan sarana bagi pengguna untuk berinteraksi
Ada dua jenis perangkat pencarian adalah mesin pencari dan direktori subjek
− Search engine
Menemukan informasi yang terkait dengan topik tertentu
− Subject directory
− Mengklasifikasikan halaman Web di set kategori terorganisir
Ada tiga belas jenis website
1. Portal
2. Berita
3. Informational
4. Business/Marketing
5. Blog
6. Wiki
7. Online Social Network
8. Pendidikan
9. Hiburan
10. Advocacy/Pembelaan
11. Aplikasi web
12. konten Aggregator
13. Web Pribadi
E-commerce adalah transaksi bisnis yang terjadi melalui jaringan elektronik. M-commerce mengidentifikasi e-commerce yang berlangsung menggunakan perangkat mobile
E-Government adalah Penyelenggaraan pemerintahan berbasis ICT yang kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti: G2C (Government to Citizen), G2B (Government to Business Enterprises), dan G2G (inter-Government relationship) sehingga mampu meningkatkan kualitas layanan publik secara transparan, efektif dan efisien.
Layanan Internet Lainnya
1. E-mail adalah transmisi pesan dan file melalui jaringan komputer
2. E-mail program memungkinkan Anda untuk membuat, mengirim, menerima, forward, menyimpan, cetak, dan menghapus pesan e-mail
3. Mailing list adalah sekelompok nama email dan alamat diberi nama tunggal
4. Subscribing menambahkan nama dan alamat email Anda
5. Unsubscribing menghapus nama Anda
6. Instant messaging (IM) adalah layanan komunikasi Internet real-time
7. Chat adalah percakapan diketik yang terjadi pada komputer secara real-time
8. Chat room adalah lokasi pada server internet yang memungkinkan pengguna untuk chatting dengan satu sama lain
9. VoIP (Voice over IP) memungkinkan pengguna untuk berbicara dengan pengguna lain melalui Internet
10. Newsgroup adalah area secara online di mana pengguna menuliskan diskusi tentang topik tertentu biasanya membutuhkan pembaca berita
11. Message board adalah jenis dari kelompok diskusi berbasis Web
Terimakasih---
Terima kasih buat artikel nya , sangat bagus dan bermanfaat , jangan lupa kunjungi di website kami http://www.atmaluhur.ac.id
BalasHapus